Thursday, October 29, 2015

Teknik Bermain Catur

Kali ini saya akan memberitahu teknik catur yang benar dan jitu menurut master catur .

Bermain catur diperlukan teknik untuk menyudahi perlawanan lawan ataw permainan. Dalam bermain catur setiap langkah itu pasti mengandng arti atau maksud tertentu untuk mematikan lawan. Adu otak dan adu strategi di papan catur menjadi ciri khas dalam permainan catur.
Catur ini banyak memberikan manfaat untuk mengasah otak agar lebih jeli, teliti,  dan juga hiburan  ketika waktu lagi nyantei, libur kerja atau lagi ngeronda. Dengan bermain catur semua beban dan pikiran akan sirna terutama jika kita menang dalam permainan, hati kita terasa tentram dan bahagia.
Disini kita akan bertuju pada bagaimana teknik catur yang elegan, mantap, jitu, dengan melakukan langkah-langkah yang sulit diperhitungkan dan dibaca lawan. Keuletan dan ketelatenan menjadi bagian yang pokok yang wajib dan harus kita miliki dalam membaca arah gerak lawan sangat diperlukan dalam mendikte setiap langkah demi langkah yang diberikan lawan saat bertanding. Dalam permainan catur ini benar-benar dibutuhkan kehati-hatian yang tinggi, dan juga memerlukan kecermatan dalam menghitung waktu yang tepat dalam memberikan serangan demi serangan yang gagah diatas papan catur.
Teknik dan Tips Permainan catur
Dalam hal papun jelas kita membutuhkan teknik jitu supaya menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan keinginan kita, demikian juga dalam permainan catur. Teknik catur amat sangat diperlukan dalam menyelesaikan perlawanan sengit teman lawan. Diantaranya ada beberapa teknik paling jitu, yaitu:
• Buka permainan dengan langkah yang mantap, dengan menjalankan satu pion dengan dua langkah, atau dua pion di sisi kiri dan kanan benteng masing-masing satu langkah.
• Lebih baik melangkahkan kuda dahulu sebelum Anda menjalankan gajah. Langkah kuda yg zigzag  (huruf L) bisa lompat akan memudahkan Anda untuk mengobrak-abrik pertahanan lawan.
• Lebih baik juga untuk melangkahkan gajah sebelum benteng dulu raja tidak ada penjagaan bisa bisa Anda kalah
• Jika kepepet, sebaiknya didahulukan untuk melangkahkan benteng sebelum menteri sebagai penjaga terakhir dari raja.
• Sebaiknya kuda, benteng, maupun gajah sebisa mungkin harus bisa menjaga pion supaya tak banyak dimakan pihak lawan karena akan sangat berguna terutama ketika permainan memasuki babak-babak akhir, intinya harus bisa saling menjaga.
• Gunakan taktik politik licik yang bisa memerdayai atau mengecoh lawan.
• Sebisa mungkin pakai strategi dan maksud yang sulit ditebak oleh pihak lawan.
• Tak masalah untuk mengorbankan salah satu punggawa Anda untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi jabatannya.
Hal yang harus di hindari!!

Dan ada juga hal-hal yang harus dihinari supaya Anda tidak mengalami kekalahan dalam permainan catur, Yaitu:
• Akan sia-sia jika Anda melakukan skak terlalu cepat.Tunda skak terhadap raja lawan sampai waktu itu benar-benar datang.
• Usahakan untuk memenjarkan prajurit Anda secara terpola dengan masing-masing peran dan penjagaan.
• Hindari permain bidak bertumpuk, dimana semua prajurt berada dalam bidak yang saling berdekatan. Hal tersebut akan menyulitkan langkah Anda sendiri.
• Sebaliknya, jangan mengisolasi prajurit Anda. Camkan bahwa setiap nyawa sangat berharga dalam membela kerajaan catur Anda.
• Santai dan rileks saja dalam melakukan permainan catur.
• Saat bermain dengan teman jangan terbawa emosi dgn kata kata , tetaplah fokus.
Itulah teknik-teknik catur  apabila Anda serius untuk menjalankannya maka bisa menghindarkan diri dari kekalahan. Master Agre_kasparov

No comments:

Post a Comment